Pengaruh Kurs Dollar Terhadap Investasi di Indonesia

Jika Anda memperhatikan berita selama beberapa periode terakhir, maka berita ekonomi menjadi salah satu berita yang selalu dikabarkan. Karena, saat ini kondisi perekonomian sedang kurang baik mengingat kurs dollar terhadap rupiah yang sedang menurun. Melemahnya nilai rupiah membuat banyak pihak khawatir karena biasanya berujung pada kenaikan harga-harga kebutuhan pokok. Tak hanya itu, para investor juga banyak yang khawatir sehingga dapat dikatakan kurs dollar juga sangat mempengaruhi iklim investasi di Indonesia. Tapi, bagaimana pengaruh kurs dollar terhadap investasi di Indonesia?


Kurs Dollar

Berpengaruh terhadap bunga

Salah satu hal yang membuat kurs dollar terasa begitu berpengaruh terhadap investasi di Indonesia adalah suku bunga. Ketika nilai rupiah terhadap dollar melemah, maka secara tidak langsung Bank Indonesia akan bereaksi dengan meningkatkan suku bunga acuan. Suku bunga acuan tersebut nantinya berdampak pada bunga yang diberikan pihak bank atau lembaga investasi lainnya seperti p2p lending kepada para konsumennya.

Pada saat nilai rupiah melemah, hal ini sebetulnya bisa menjadi momentum untuk melakukan investasi. Karena, pada saat kondisi tersebut Anda bisa menghasilkan keuntungan berlebih dengan imbal hasil yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Naiknya suku bunga juga berimbas pada kegiatan investasi di Indonesia yang lebih menarik mengingat imbal hasil yang diberikan akan lebih menggiurkan.

Berpengaruh terhadap ekspor impor

Selain berpengaruh terhadap bunga, dampak lainnya yang diberikan kurs dollar terhadap iklim investasi di Indonesia yakni dalam segi ekspor impor. Ketika nilai rupiah melemah, maka secara tidak langsung barang yang Anda impor dari luar negeri akan menjadi lebih mahal mengingat nilai rupiah yang Anda keluarkan akan lebih banyak. Di sisi lain, ketika Anda melakukan ekspor maka secara tidak langsung nilai rupiah yang Anda terima akan lebih besar karena kegiatan ekspor dan impor umumnya menggunakan dollar Amerika sebagai alat tukarnya. Jadi, jika Anda ingin melakukan investasi di bidang ekspor impor, perhatikan kurs dollar agar Anda terhindar dari kerugian dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

0 Response to "Pengaruh Kurs Dollar Terhadap Investasi di Indonesia"

Posting Komentar