7 Tips Mendaki Gunung yang Harus Diketahui Pendaki Pemula

Mendaki gunung pastinya merupakan hal yang menyenangkan untuk Anda yang memiliki hobi ini. Tapi, mendaki gunung juga bisa jadi celaka jika Anda tak mempersiapkan berbagai hal seperti jaket gunung dan peralatan keselamatan lainnya. Bagi Anda para pemula, ada tips nih, yang bisa Anda terapkan sebelum mendaki gunung.

Mendaki Gunung Pemula

1. Latihlah Otot Kaki dan Keseimbangan

Kegiatan melatih otot dan keseimbangan ini bisa Anda lakukan dengan cara lari pada pagi hari atau sore cukup di sekitar kompleks perumahan Anda. Lakukan secara rutin paling tidak seminggu sebelum melakukan pendakian. Ini bertujuan agar otot kaki Anda tidak kaget ketika melalui trek menanjak yang tak mudah saat mendaki nanti.

Untuk melatih keseimbangan, Anda bisa melakukan senam-senam kecil seperti berdiri dengan satu kaki dalam waktu beberapa menit. Kegiatan ini idealnya dilakukan setelah lari. Jika dua hal ini sudah Anda lakukan, berarti Anda sudah siap mendaki secara fisik.

2. Bawa Konsumsi

Konsumsi di atas gunung merupakan hal yang krusial. Anda bisa gagal mencapai puncak gunung hanya gara-gara kehabisan bekal. Paling tidak, Anda harus membawa beberapa botol air mineral, roti, beras dan lauk pauk bila perlu. Mie instan juga tak boleh ketinggal. Anda juga bisa membawa kopi untuk menambah stamina Anda.

3. Perlengkapan

Selain konsumsi, Anda juga harus membawa perlengkapan yang memadai. Jaket gunung dan sepatu gunung adalah salah satu yang perlu Anda penuhi. Selain itu, bawalah juga alat keselamatan dan obat-obatan. Sleeping bag, senter, tongkat dan peralatan memasak juga sangat diperlukan. Anda bisa gagal sampai ke puncak jika hal ini ketinggalan.

4. Perhatikan Cara Berjalan Ketika Mendaki

Cara berjalan ketika mendaki tidak boleh asal-asalan. Bisa-bisa Anda cedera jika tak melakukannya dengan benar. Kaki Anda harus selalu lentur ketika menapakkan kaki di tanah dan tetap fokus pada pijakan. Cara berjalan yang sembarangan bisa membuat kaki kaku dan pastinya Anda tak akan bisa melanjutkan perjalanan.

5. Jangan Malu Meminta Berhenti Bila Capek

Sebagai pemula, pastinya kemampuan Anda tak sama dengan pendaki yang sudah profesional. Jika capek, Anda seharusnya tidak memaksakan diri dan meminta waktu istirahat sejenak. Ini bertujuan untuk menjaga stamina dan kesehatan Anda.

6. Jangan Mengeluh

Mengeluh dalam mendaki bisa mempengaruhi kondisi psikis Anda dan itu bisa berimbas pada tubuh. Tubuh Anda akan jadi lebih cepat capek dan lemas. Usahakan untuk tidak mengeluh dan terus semangati diri agar perjalanan berat Anda terasa menyenangkan.

7. Ikuti Intruksi petugas 

Sebelum mendaki, tentunya Anda harus mendaftarkan diri pada petugas gunung setempat dulu. Nah, saat mendaftar itu, pasti pula Anda akan diberi intruksi dan larangan ketika mendaki. Ikuti intruksi yang diberikan dan jangan lakukan yang dilarang seperti membuang sampah sembarangan.

Mendaki jadi jauh lebih mengasikkan jika dilakukan bersama teman dan sahabat. Selain fisik, Anda juga harus membekali diri dengan peralatan yang memadai seperti sepatu gunung yang bagus. Anda bisa menemukannya Eiger secara online dan tak perlu repot-repot ke pasar atau pusat perbelanjaan lain, cukup dengan menggunakan ponsel Anda.

0 Response to "7 Tips Mendaki Gunung yang Harus Diketahui Pendaki Pemula"

Posting Komentar