4 Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Anda Adopsi Kucing

Memiliki hewan peliharaan bisa membawa suasana baru untuk rumah Anda, yakni menjadi ceria dan lebih ramai dari biasanya. Apalagi jika Anda memelihara induk sekaligus anaknya. Nah, adopsi kucing merupakan salah satu pilihannya. Tapi sebelum memutuskan untuk mengadopsinya, Anda perlu mempertimbangkan 4 hal berikut jika anda ingin adopsi kucing.

Tips Adopsi Kucing

1. Memilih Jenis Kucing

Hal pertama ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Jenis dan ras kucing apa yang cocok untuk Anda pelihara? Kucing liar yang banyak ditemui di pasar dan tidak butuh adaptasi lama untuk dijadikan hewan rumahan? Kucing hutan yang energik tapi butuh waktu lebih lama untuk adaptasi? Atau kucing cantik dari ras elit yang bisa diperoleh di Pets Shop?

Usia mereka juga perlu Anda pertimbangkan, apakah masih bayi, anak-anak, atau yang sudah cukup dewasa untuk bereproduksi? Jenis kelamin jantan atau betina? Sesuaikan dengan penghuni rumah Anda. Jika ada anak balita di rumah, pilih ras yang mudah bersahabat seperti Persia dan Angora usia 1 tahun.

2. Tempat Tinggal

Akan Anda tempatkan di mana kucing adopsi tersebut? Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis kucing yang Anda pilih. Jika kucing pasar dan hutan, Anda tidak perlu membuat kandang khusus, karena mereka bisa tidur di mana saja. Mereka juga lebih bisa menjaga diri saat bermain di luar rumah.

Sedangkan untuk kucing elit dari Pets Shop, Anda perlu menjaganya dengan telaten, termasuk kandang. Lengkapi kandangnya dengan sarana untuk mengasah kuku agar dia tidak mencakar di sembarang tempat.

3. Mempelajari Bahasa Kucing

Pertimbangan ketiga ini jelas bukan hal yang perlu ditertawakan atau Anda anggap aneh. Dengan mengetahui bahasa suara maupun tubuh mereka, Anda akan semakin mudah dalam menjalin komunikasi dengannya. Beberapa sumber menyebutkan bahwa kucing memiliki lebih dari 60 jenis suara berbeda, baik nada, intonasi, maupun intensitasnya.

Bahkan, semakin sering Anda mengajaknya bicara, kucing Anda akan memahami perkataan Anda. Begitupula sebaliknya, ‘meong’, dengkuran, dan suara lainnya akan mudah Anda mengerti. Pertimbangan ketiga ini merupakan tips pintar adopsi kucing karena mereka bisa tumbuh dengan baik dan mudah berinteraksi dengan orang lain.

4. Estimasi Budget

Memelihara hewan jelas butuh modal, meski hanya makanan sisa. Anda juga perlu mempertimbangkan biaya untuk furnitur yang rusak akibat cakaran kucing. Tapi, jika lecet biasa, Anda tentu tidak akan mempermasalahkannya bukan? Lagipula, Anda bisa menegurnya saat dia ingin mencakar-cakar sofa atau meja makan.

Dengan begitu, lambat laun juga dia akan mengerti dan akan mengasah kuku-kukunya di tempat lain. Nah, untuk kandang, Anda bisa meminimalisir bujet dengan membuatnya sendiri. Anda hanya perlu menyesuaikan sirkulasi udara yang baik untuk kandang tersebut. Sebagai referensi, Anda bisa melihat di Pets Shop tempat Anda membeli kucing atau internet.

Bujet lainnya dialokasikan untuk makanan dan minumannya. Terutama jika Anda ingin memiliki kucing elit yang berpenampilan prima dengan bulu cantik dan lebat serta lincah dan energik. Anda perlu memberinya asupan bernutrisi dan vitamin atau suplemen sebagai pelengkap asupan hariannya.

Pertimbangan lainnya saat ingin adopsi kucing adalah vaksinasi dan kesibukan Anda di luar rumah. Jika Anda seorang suami pekerja kantoran atau wanita karir sekaligus ibu rumah tangga, alihkan tanggungjawab mengurus kucing kesayangan Anda pada orang lain. Terutama saat Anda harus bepergian jauh dan tidak memungkinkan untuk membawa kucing.

0 Response to "4 Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Anda Adopsi Kucing"

Posting Komentar